SISWA KODIKOPSLA KODIKLATAL BANTU PEMBANGUNAN MUSHOLA MILIK MASYARAKAT DESA SUMBERANYAR PAITON

by Juni 24, 2022

PI – Surabaya, 23 Juni 2022,Siswa Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal melaksanakan aksi bhakti sosial dengan membantu pembangunan Mushola Nurur Rahmah, milik masyarakat Desa Sumberanyar, di Paiton Probolinggo pada Kamis (23/6/2022). Pembangunan berupa pemasangan paving di halaman mushola tersebut, dilakukan disela rangkaian kegiatan Latihan Praktek atau Lattek Menembak Meriam dan Demolisi Siswa Kodikopsla di Lapangan Tembak Paiton.

Kegiatan bhakti sosial dihadiri langsung oleh Komandan Kodikopsla, Laksma TNI OC. Budi Susanto, didampingi Wadan Kodikopsla, Kajari Probolinggo, jajaran perwakilan TNI AD dan Polri di wilayah Paiton, Danposal Paiton, Kades Sumberanyar, Perwakilan dari kantor Perikanan Jawa Timur di Paiton, dan tokoh agama dan masyarakat sekitar..

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Sumberanyar Andika Prayogo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL khususnya Kodikopsla Kodiklatal yang telah membantu warga desa Sumberanyar dalam pembangunan Mushola Nurur Rahmah. “ Semoga kegiatan baksos semacam ini dapat menginspirasi, dan menjadikan contoh bagi warga untuk melaksanakan kegiatan positif gotong royong seperti ini, “ ujar Andika.

Disisi lain Dankodikopsla dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan baksos sudah dilaksanakan beberapa kali di desa-desa dimana siswa Kodiklatal melaksanakan Latihan praktek. Hal tersebut menurut Laksma OC Budi Susanto, sesuai dengan arahan Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono, yakni dimana setiap melaksanakan operasi atau latihan, keberadaan prajurit dan siswa Kodiklatal harus memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Beberapa waktu yang lalu kita telah laksanakan bersih-bersih pantai di sekitar TPI Paiton, dengan melibatkan masyarakat pesisir dan pramuka Saka Bahari, juga pelajar. Sehingga kita bisa kerjasama dalam bergotong royong untuk membersihkan lingkungan Desa Sumberanyar, “ terang Laksma OC Budi Susanto.

Ia menambahkan bila kegiatan baksos secara tidak langsung bisa memberikan inspirasi dan mengajarkan kepada siswa, agar dimanapun mereka berdinas nanti sebagai prajurit TNI AL senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini merupakan menindaklanjuti perintah Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap prajurit TNI AL dimanapun berada membawa manfaat kepada masyarakat sekitarnya.

Selain itu Dankodikopsla mengharapkan kedepannya ada program lain dari pemerintah Probolinggo, ataupun Kepala Desa setempat yang bisa membuat Probolinggo semakin maju. “ Kita hanya memberikan sentuhan-sentuhan saja sesuai tugas TNI – Polri untuk membantu pembangunan daerah atau desa. Karenanya kegiatan baksos atau kerja bakti bersama seperti ini diharapkan akan dilaksanakan secara periodik, “ tandas Dankodikopsla.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.