Tingkatkan Sinergitas Pengamanan Kawasan Konservasi Pangkoarmada III Terima Kunjungan Kerja Plt. Kepala BBKSDA Papua Barat

by September 3, 2021

Paradigmaindonesia – Papua 03/09/21, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., menerima kunjungan kerja Plt. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat Budi Mulyanto, S.Pd., M.Si di Mako Armada III Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (3/9/2021).

Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III didampingi Asisten Operasi Kolonel Laut (P) Kolonel Laut (P) Endra Hartono, S.H., dan Kepala Dinas Potensi Maritim Koarmada III Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto, S.E.. Sedangkan Plt. Kepala BBKSDA Papua Barat didampingi Kepala Bidang Teknis Tasliman, SP.MP., serta Kepala Seksi Pelayanan dan Pemanfaatan Eko Bambang Supriyadi.

Pangkoarmada III menjelaskan secara umum tentang sejarah, tugas pokok dan tugas-tugas lainnya serta wilayah kerja Koarmada III, yang meliputi Maluku dan Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat.

Sementara itu, Plt. Kepala BBKSDA menyampaikan bahwa BKSDA Provinsi Papua Barat mengelola 28 kawasan konservasi yang tersebar di seluruh wilayah daratan dan pulau-pulau di Provinsi Papua Barat. “Dengan keterbatasan personel yang mengelola kawasan konservasi tersebut, diharapkan kerjasama antar stakeholders, utamanya dengan TNI Angkatan Laut yang selama ini sudah terjalin dengan baik dapat ditingkatkan, sehingga kelestarian kawasan konservasi semakin terjaga” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III mengapresiasi rencana BBKSDA akan release satwa Papua di kawasan Mako Koarmada III yang masih memiliki kawasan alami bisa menjadi habitat satwa liar tersebut, utamanya berbagai jenis burung Papua.
Kedepan, Koarmada III bekerjasama dengan BKSDA Papua Barat juga berencana membuat sarana edukasi satwa serta kawasan PEN (Peningkatan Ekonomi Nasional) mangrove di kompleks yang berbatasan dengan Koarmada III.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.