Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Babinsa Nenang Bantu Bangun Jembatan di Wilayah Binaannya.

by April 20, 2021


PANAJAM (ParadigmaIndonesia.com)Dalam rangka membangun keakraban dan kedekatan bersama warga di desa binaanya, aparat Babinsa selalu terlibat dalam kegiatan masyarakat. Seperti dilakukan oleh anggota Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU, yang ikut terlibat dalam pembuatan jembatan penghubung ke jamban yang berada di Rt 06 Kelurahan Nenang Kecamatan Penajam Kabupaten PPU.Selasa (20/4/2021).

Keberadaan Babinsa harus dapat memberikan kontribusi positif di wilayah, dan melaksanakan pembinaan teritorial guna membangun kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Tugas seorang aparat Babinsa di wilayah selalu berkaitan erat dengan masyarakat dan harus mempunyai kepekaan tinggi dengan kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat.

Salah satunya upaya Babinsa Kelurahan Nenang Serka Endratno di bantu Serda Srihudoyo selaku kepala tukang dalam pengerjaan jembatan Bersama anggota lainnya dan warga masyarakat sekitar dalam membuat jembatan yang menghubungkan ke jamban .

Keberadaan jamban tersebut penting untuk menghindari pencemaran lingkungan,juga sangat membantu anak-anak TKA/TPA Ar Ramadhan saat sedang proses belajar.

“Membantu warga terutama dalam pembuatan jembatan penghubung ke jamban berarti juga turut menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Karena dengan adanya jamban di setiap rumah atau keluarga, berarti telah meningkatkan kesadaran warga untuk tidak membuang kotoran atau Buang Air Besar (BAB) sembarangan,” tambah Endratno.

Dirinya menjelaskan, kerja bakti yang dilakukannya bersama warga akan memudahkan masyarakat saat beraktivitas sehar-hari.

“Dengan kerja bakti ini, diharapkan warga mempunyai rasa memiliki, sehingga jembatan ini benar-benar menjadi sarana penyeberangan yang penting bagi warga,”ungkapnya.

“Ini kita lakukan semata-semata ikut memberikan bantuan berupa material maupun tenaga untuk membangun jembatan ini, semoga kepada masyarakat yang ikut membantu dibalas oleh TUHAN dengan pahala yang berlipat ganda, meski Jembatan terbuat dari bahan kayu namun memiliki peran penting bagi masyarakat untuk menuju ke jamban, Tutup Babinsa.

Ia menambahkan bahwa, kerja bakti yang di lakukan ini adalah sebagai upaya membangun kebersamaan antara Babinsa dengan masyarakat, serta menumbuh kembangkan budaya gotong royong dan membantu kesulitan masyarakat sekaligus langkah pembinaan teritorial dan membangun wilayah yang kondusif.

Sementara itu, Ketua Rt 06 Kelurahan Nenang Bpk Mansur mengucapkan terima kasih atas keaktifan dan kepedulian Babinsa di kampugnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Babinsa beserta anggota Koramil Penajam yang sudah membantu dan mau ikut kerja bakti membuat jembatan penghubung ini,” ucapnya. (Vivid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.