PRAJURIT GOURA VICTORIA PASMAR 3 TUNJUKKAN KETANGKASAN DALAM LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

by November 29, 2021

Latihan sangat dibutuhkan dalam membangun kesiap siagaan, tidak hanya pihak berwajib namun perlu juga para prajurit TNI melaksanakannya guna terwujudnya operasi militer selain perang. Dalam kesempatan latihan ini prajurit “Goura Victoria” Resimen Bantuan Tempur 3 Marinir Pasmar 3 menunjukkan ketangkasan dalam latihan penanggulangan bencana alam yang digelar oleh Pasmar 3 bertempat di Kampung Malaus, Modan II, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Senin (29/11/2021).

Materi yang diajarkan dalam latihan juga bersumber dari pembelajaran bencana sebelumnya. Pada konteks ini, latihan juga dapat membantu dalam penyusunan prosedur standar, khususnya dalam penanganan darurat. Penyusunan prosedur standar atau standard operating procedures (SOP) tentu diharapkan dapat menjawab permasalahan mendatang dalam penanganan darurat bencana.

Peserta latihan dituntut untuk mampu dalam teknik evakuasi dengan menggunakan perahu karet, menggunakan tali temali saat evakuasi medan vertikal, mampu mengolah dapur logistik dan distribusinya, mampu memberikan pertolongan pertama dilapangan, serta mampu memulihkan traumatis korban bencana alam (Trauma Healing).

Sebagai bentuk penunjang tercapainya latihan tersebut, Komandan Resimen Bantuan Tempur 3 Marinir (Danmenbanpur 3 Mar) Kolonel Marinir Didik Widiyoko, M.Tr.Hanla.,M.M selaku Direktur Latihan (Dirlat) bekerja sama dengan instansi terkait seperti BNPB Kabupaten Sorong, BNPB Kota Sorong dan Basarnas Kota Sorong. “Apa yang dilatihkan, itu yang akan dikerjakan apabila terjadj bencana alam di wilayah kita,” pungkas Danmenbanpur 3 Marinir.

Kegiatan tersebut juga ditinjau oleh Asrena Danpasmar 3 Letkol Mar Letkol Mar Arip Supriyadi S.H., M.M., M. Tr.Hanla., Asintel Danpasmar 3 Kolonel Mar Rivelson Saragih M.Tr.Hanla, Asops Danpasmar 3 Kolonel Mar I Gede Edy S M.Tr.Hanla, Para Dankolak Pasmar 3, Perwakilan BNPB Kab. Sorong, Perwakilan BNPB Kota Sorong, dan Perwakilan Basarnas Kota Sorong.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *